PENGERTIAN PERILAKU KONSUMEN
Menurut John C. Mowen dan Michael Minor mendefinisikan perilaku
konsumen sebagai studi tentang unit pembelian (buying unit) dan proses
pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi berbagai produk,jasa dan
pengalaman serta ide-ide.
Menurut Lamb, Hair dan Mc.Daniel menyatakan bahwa perilaku
konsumen adalah proses seorang pelanggan dalam membuat keputusan untuk membeli,
menggunakan serta mengkonsumsi barang-barang dan jasa yang dibeli, juga
termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan penggunaan
produk.(Rangkuti,2002:91)
Menurut Engel, Blackwell dan Miniard, menyatakan bahwa perilaku
konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi
dan menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan
mengikuti tindakan ini.
Perilaku konsumen dapat disarikan dari semua definisi diatas
sebagai studi tentang proses pengambilan keputusan oleh konsumen dalam memilih,
membeli,memakai serta memanfaatkan produk,jasa,gagasan, atau pengalaman dalam
rangka memuaskan kebutuhan dan hasrat konsumen.
Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi perilaku konsumen, yaitu
:
1. Konsumen adalah raja
Ia memiliki kemampuan penuh untuk menyaring semua upaya untuk
mempengaruhi, dengan hasil bahwa semua yang dilakukan oleh perusahaan harus
disesuaikan dengan motivasi dan perilaku konsumen.
2. Motivasi dan perilaku konsumen dapat dipahami melalui
penelitian
Hal-hal yang berkaitan dengan motivasi dan perilaku dapat
diketahui melalui penelitian, sehingga penelitian ini dipakai sebagai acuan
dalam membuat program pemasaran, perencanaan periklanan, perencanaan promosi
sehingga hal-hal yang terjadi pada masa yang akan datang dapat diprediksi.
Berikut ini akan dibahas tentang manfaat
perilaku konsumen bagi seorang manajer, produsen, birokrat, konsultan, dan
peneliti:
a. Manfaat perilaku konsumen bagi manajer
Manajer merupakan seseorang yang memimpin
suatu perusahaan. Dalam menjalankan suatu usahanya manajer harus mampu memahami
perilaku konsumen, hal ini karena manajer pada dasarnya memiliki tugas yaitu
mengawasi serta mengevaluasi perusahaannya agar dapat mencapai tujuan yang
diinginkan dan menyebarkan informasi serta mengkoordinir kegiatan-kegiatan
untuk mencapai tujuan bersama. Dengan mempelajari perilaku konsumen manajer dapat
mengambil suatu keputusan berdasarkan keadaan konsumen. Keputusan tersebut
tentunya diambil dari informasi perilaku konsumen yang terjadi, yang mana
keputusan tersebut diharapkan nantinya akan memudahkan dalam memasarkan
produknya. Keputusan yang dimaksud misalnya seorang manajer menentukan produk
unggulan apa yang harus diproduksi dengan jumlah banyak, hal ini bisa dilihat
dari perilaku konsumen yaitu seberapa banyak konsumen mengkonsumsi produk
tersebut. Selain itu keputusan dalam memilih strategi pemasaran agar pemasaran
produk berjalan dengan lancer dan mudah laku di pasaran.
b. Manfaat perilaku konsumen bagi produsen
Produsen merupakan seseorang yang mampu
melakukan dan menghasilkan suatu barang (produk tertentu) yang nantinya produk
tersebut akan dijual lagi kepada konsumen guna memenuhi kebutuhan konsumen yang
diperlukan. Produsen menghasilakn suatu barang guna mendapatkan keuntungan yang
sebanyak-banyaknya. Guna mencapai tujuan tersebut produsen harus mempelajari
perilaku konsumen agar dapat mengetahui keadaan pasar dan konsumen. Biasanya
konsumen menginginkan barang yang murah tetapi kualitas baik. Permintaan konsumen
bermacam-macam tergantung kebutuhannya, karena banyak macam produk yang dijual
dipasaran, kita sebagai produsen harus bisa menghasilkan produk yang sesuai
dengan permintaan konsumen. Selain itu produsen harus melihat keadaan pasar dan
konsumen sehingga bisa menentukan bagaimana strategi yang akan digunakan agar
produknya bisa terjual. Manfaat perilaku konsumen bagi produsen yaitu
mengetahui, mempelajari, dan memahami bagaimana strategi atau keputusan yang
harus diambil yang bisa dilihat dari keadaan pasar dan kebutuhan konsumen.
Dalam hal ini produsen harus mampu membujuk konsumen untuk membeli dan
mengkonsumsi barang yang ditawarkan, dan mampu memahami cara konsumen dalam
bertingkah laku, bertindak, berpikir, dan yang terpenting bagaimana konsumen
mengambil suatu keputusan terhadap barang yang ditawarkan atau dipasarkan
sehingga produsen bisa merancang strategi pemasaran dengan baik.
c. Manfaat perilaku konsumen bagi birokrat
Birokrat merupakan orang yang bekerja di
berbagai instansi pemerintahan. Birokrat harus mempelajari perilaku konsumen
agar mudah dalam memenuhi kebutuhan kesejahteraan konsumen. Pemerintah dituntut
untuk bisa menyejahterakan masyarakatnya. Dalam mencapai tujuan tersebut
tentunya pemerintah harus mangambil keputusan yang dilihat dari perilaku
konsumen (masyarakat). Misalnya masyarakat (konsumen) yang berekonomi rendah
sulit dalam melakukan pengobatan di rumah sakit, maka pemerintah harus bisa
merasakan apa yang diinginkan oleh masyarakat (konsumen) dan mampu mengambil
keputusan yang dapat memenuhi kesejahteraan masyarakat, misalnya pemerintah
mengadakan pengobatan gratis bagi kalangan masyarakat yang berekonomi rendah.
d. Manfaat perilaku konsumen bagi konsultan
Konsultan merupakan salah satu profesi yang
dilakukan seseorang yang menyediakan kebutuhan berupa jasa (nasehat dan solusi)
berdasarkan bidangnya masing-masing. Salah satu bidang keahlian konsultan
misalnya bergerak di bidang konsultan dalam hal perilaku konsumen. Dengan
mempelajari perilaku konsumen konsultan dapat memahami kebutuhan konsumen
sehingga konsultan mampu memberikan informasi, nasehat, dan solusi kepada
perusahaan tentang bagaimana melakukan suatu keputusan. Keputusan yang dimaksud
yaitu konsultan memberikan penjelasan kepada suatu perusahaan tentang produk apa
yang harus dihasilkan dan dipasarkan dengan melihat keadaan pasar dan kebutuhan
konsumen sehingga produk yang ditawarkan cepat terjual karena manfaat produk
yang dihasilkan.
e. Manfaat perilaku konsumen bagi peneliti
Peneliti merupakan salah
satu profesi yang bertugas untuk menganalisis dan memahami tentang suatu hal.
Hal yang diteliti misalnya keadaan pasar dan perilaku konsumen, dengan
mempelajari perilaku konsumen peneliti mendapatkan pengetahuan. Penelitian
di lakukan dalam upaya untuk mengumpulkan informasi mengenai karakteristik
perilaku konsumen sehingga pemasar akan lebih mengenal siapa konsumennya dan
bagaimana perilaku mereka dalam mencari, menggunakan dan membuang produk. Dalam
hal ini peneliti dapat membantu manganalisis keadaan yang dialami oleh
konsumen.
Daftar Pustaka
http://fitrihyuliantika93.blogspot.com/2013/11/manfaat-perilaku-konsumen-dan.html http://esty.staff.uns.ac.id/definisi-perilaku-konsumen/
Tag :
Perilaku Konsumen
0 Komentar untuk "Definisi, Tujuan dan Manfaat Mempelajari Perilaku Konsumen"