Sistem Informasi Berbasis Komputer

BAB I
PENDAHULUAN

A. Sistem Informasi Berbasis Komputer
Komputer mengandung arti menghitung. Pada dasarnya sebuah komputer adalah alat yang mengolah simbol-simbol baik yang berupa angka, kode huruf, maupun kombinasinya. Simbol-simbol dimasukkan oleh manusia ke dalam komputer sebagai alat input yang kemudian inputan tersebut terjadi proses transformasi yang dimana inputan tersebut diolah dangan cara tertentu untuk menghasilkan informasi atau output. Sistem komputer merupakan kombinasi dari komponen-komponen perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), komunikasi, sumber daya (manusia dan informasi) dan prosedur-prosedur pemrosesan. Pesatnya laju perkembangan dunia saat ini khususnya pada aliran informasi khususnya sistem informasi merupakan suatu bagian dari tingkat kemajuan yang sangat berpengaruh bagi kelangsungan dan perkembangan kehidupan masyarakat moderen saat ini. Sistem informasi merupakan suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa. 

Permasalahan
1. Bagaimana cara menerapan konsep dasar sistem informasi berbasis komputer?
2. Bagaimana peran sistem informasi berbasis komputer di dalam manajemen?
Tujuan
1. Untuk mengetahui penerapan konsep dasar sistem informasi berbasis komputer. 
2. Untuk mengetahui peran sistem informasi berbasis komputer di dalam suatu manajemen. Perangkat keras merujuk pada mesin. Kategori ini termasuk komputer itu sendiri, yang sering disebut sebagai central processing unit (CPU), dan semua peralatan dukungannya. Di antara peralatan pendukung perangkat penyimpanan perangkat input dan output, dan perangkat komunikasi.

Perangkat Lunak merujuk pada program-program komputer dan manual (jika ada) yang mendukung mereka. Program Komputer adalah instruksi mesin yang dapat dibaca yang langsung sirkuit di dalam bagian-bagian hardware dari CBIS berfungsi dengan cara-cara yang menghasilkan informasi yang berguna dari data. Program ini umumnya disimpan pada beberapa input / output menengah sering disk atau tape. 
Data merupakan fakta yang digunakan oleh program untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat. Seperti program, data yang umumnya disimpan dalam mesin yang dapat dibaca dari pada disk atau tape sampai komputer kebutuhan mereka. 
Prosedur ini adalah kebijakan yang mengatur operasi dari sebuah sistem komputer. 
Orang-orang setiap CBIS kebutuhan masyarakat jika ingin berguna. Sering kali unsur yang paling atas-tampak dari CBIS adalah orang-orang, mungkin komponen yang paling mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan sistem informasi.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Model Sistem Informasi Berbasis Komputer
Manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan informasi. Informasi disajikan secara lisan atau tulisan oleh suatu pengolah informasi. Pada bagian pengolahan dengan komputer terdiri dari lima bidang; SIA, SIM, DSS, OA, dan ES. Hal tersebut dinamakan dengan sistem informasi berbasis komputer (computer based information sistem).

B. Sistem Informasi Berbasis Komputer
Pada awalnya pemakai output komputer pada perusahaan adalah pegawai administrasi di bagian akuntansi, yang komputernya melaksanakan aplikasi seperti pembayaran gaji pegawai, pengelolaan persedian (inventory control), dan penagihan. Sebagian informasi juga disediakan bagi para manajer, tetapi hanya sebagai output tambahan dari aplikasi akuntansi. Gagasan untuk menggunakan komputer sebagai sistem informasi manajemen (SIM) merupakan suatu terobosan besar, karena para manajer memerlukan informasi untuk pemecahan masalah. Ketika perusahaan-perusahaan menjangkau konsep SIM, mereka mulai mengembangkan berbagai aplikasi yang secara khusus diarahkan untuk mendukung manajemen. Namun, bukan hanya manajemen yang memperoleh manfaat dari penerapan SIM. Nonmanajer dan staf ahli juga menggunakan outputnya. Selain itu juga dimanfaatkan oleh para pemakai yang berada di luar perusahaan, yaitu para pelanggan akan menerima faktur dan laporan transaksinya, para pemegang saham akan menerima cek deviden, dan pemerintah akan menerima laporan pajak.

Pengguna dan pelaku sistem informasi meliputi: 
Manajer.
Non-manajer.
Orang dan unit organisasi yang ada dalam organisasi dan lingkungannya.  
Evolusi Sistem Informasi Berbasis Komputer
Fokus awal pada data
Selama paruh pertama abad 20, perusahaan pada umumnya mengabaikan kebutuhan informasi para manajer. Pada fase ini penggunaan komputer hanya terbatas pada aplikasi akuntansi. Nama aplikasi akuntasnsi berbasis komputer pada awalnya adalah pengolahan data elektronik (EDP) kemudian berubah menjadi Data prosesing (DP) dan Sistem Informasi Akuntansi (SIA).
Fokus baru pada informasi
Tahun 1964 diperkenalkan satu generasi baru alat penghitung yang mempengaruhi cara penggunaan komputer. Konsep penggunaan komputer sebagai SIM dipromosikan oleh pembuat komputer untuk mendukung peralatan baru. Konsep SIM menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen. Konsep ini segera diterima oleh perusahaan besar.
Fokus revisi pada pendukung keputusan
Sistem pendukung keputusan (Decision support system) = sistem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer dan keputusan yang harus dibuat manajer. Berada di bagian manapun dalam organisasi pada tingkat manapun dan dalam area bisnis apapun. DSS dimaksudkan untuk mendukung kerja satu manajer secara khusus.
Spesifikasi DSS :
Berfokus pada proses keputusan daripada proses transaksi.
Dirancang dengan mudah, sederhana, dapat diterapkan dengan cepat dan mudah diubah.
Dirancang dan dioperasikan oleh manajer.
Mampu memberikan informasi yang berguna bagi analisis kegiatan manajerial.
Berkaitan dengan hanya bagian kecil dari masalah besar.
Memiliki logika yang serupa dengan cara manajer menganilis situasi yang sama.
Memiliki basis data berisi informasi yang disarikan dari file dan informasi lain organisasi yang berasal dari lingkungan eksternal.
Memungkinkan manajer untuk menguji hasil yang mungkin dari serangkaian alternatif.
Fokus pada Komunikasi
Pada waktu DSS berkembang , perhatian juga difokuskan pada otomatisasi kantor OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas diantara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat elektronik.
OA telah berkembang meliputi beragam aplikasi seperti konferensi jarak jauh, voice mail, e-mail, electronik calendaring, facsimile transmission.
Fokus potensial pada konsultasi
Komputer dapat diprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia, suatu aplikasi yang dinamakan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Pengetahuan tentang potensi kemampuan sistem informasi yang dikomputerisasi akan memungkinkan seorang manajer secara sistematis menganalisis masing-masing tugas organisasi dan menyesuaikannya dengan kemampuan komputer.
SIM secara khusus memiliki beberapa kemampuan teknis sesuai yang direncanakan baginya. Sistem informasi komputer dapat memiliki sejumlah kemampuan jauh diatas sistem non komputer. Dan kemampuan ini telah merevolusikan proses manajemen yang menggunakan informasi yang dihasilkan oleh sistem yang telah ada. Beberapa kemampuan teknis terpenting dalam sistem komputer :


Pemrosesan data batch
Pemrosesan data tunggal
Pemrosesan on-line, real time
Komunikasi data dan switching pesan
Pemasukan data jarak jauh dan up date file
Pencarian records dan analisis
Pencarian file
Algoritme dan model keputusan
Otomatisasi kantor.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Sistem informasi berbasis komputer adalah sistem informasi yang menggunakan komputer pada prakteknya. Sistem informasi berbasis komputer mempunyai lima unsur, yaitu perangkat keras, perangkat lunak, data, prosedur dan orang-orang. Informasi mengandung suatu arti yaitu data yang telah diolah ke dalam suatu bentuk sehingga lebih memiliki arti untuk pengambilan keputusan.


Daftar Pustaka

https://achmadrandypratama.wordpress.com/2012/12/16/bab-vii-sistem-informasi-berbasis-komputer/ (di akses pada tanggal 2 November 2015)
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_manajemen (di akses pada tanggal 2 November 2015)
http://www.makalah23.net/2014/02/pengertian-sistem-informasi-berbasis.html (di akses pada tanggal 2 November 2015)
http://a60377.wordpress.com/2010/11/06/sistem-informasi-manajemen 
(di akses pada tanggal 2 November 2015)

Sistem Informasi Berbasis Komputer


*Sumberhttps://www.academia.edu/19120868/sistem_informasi_berbasis_komputer
1 Komentar untuk "Sistem Informasi Berbasis Komputer"

Back To Top