Dampak dan Bahaya Smartphone Bagi Remaja

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Awalnya, teknologi diciptakan untuk mempermudah setiap kegiatan manusia. Lahir dari pemikiran manusia yang berusaha untuk mempermudah kegiatan-kegiatannya yang kemudian diterapkan dalam kehidupan. Kini teknologi telah berkembang pesat dan semakin maju seiring dengan perkembangan zaman sehingga terjadi pengalihan fungsi teknologi. Contohnya pada salah satu fasilitas canggih pada masa ini yang akan dibahas yaitu mengenai telepon genggam yang lebih dikenal dengan sebutan handphone.

Beberapa tahun yang lalu handphone hanya dimiliki oleh kalangan tertentu yang memang benar-benar membutuhkan itu untuk kelancaran pekerjaannya. Seiring berjalannya waktu handphone bisa dimiliki oleh semua kalangan. Baik yang sangat membutuhkan maupun yang kurang membutuhkan. Karena sekarang handphone di lengkapi dengan beberapa fitur yang membuat handphone memiliki beberapa fungsi selain menelepon atau saling berkirim pesan singkat. Handphone kini bukan lagi sekadar alat untuk berkomunikasi. Namun juga sebagai gaya hidup, penampilan, tren dan prestise.

Di kalangan remaja menggunakan handphone sebagai alat multi fungsi karena multi fungsi tersebut para remaja dapat menggunakan secara positif dan negatif tergantung dari tiap individu.

1.2 Rumusan Masalah
Apa definisi handphone?
Apa  peranan telepon genggam terhadap kehidupan remaja?
Bagaimana fakta sikap para remaja yang menggunakan handphone?
apa tindakan yang dilakukan remaja untuk menghindari penyalahgunaan handphone?
apa pengaruh penggunaan handphone bagi kehidupan remaja?

1.3  Pemecahan Masalah
Definisi handphone.
Peranan handphone terhadap kehidupan remaja seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi.
Fakta sikap para remaja yang menggunakan handphone.
Tindakan yang dilakukan remaja untuk menghindari penyalahgunaan handphone.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Definisi Handphone
Telepon genggam atau Handphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line sehingga konvesional namun dapat dibawa keman-mana ( portable ) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel.

2.2 Peranan handphon Terhadap Kehidupan Remaja
Begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang di anut masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan.. Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh remaja. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya remaja di pedesaan dengan segala image yang menjadi ciri khas mereka.

Dampak dan Bahaya Smartphone Bagi Remaja

Dampak yang positif dan juga negatif terhadap kehidupan masyarakat terutama kaum remaja yang notabene selalu tertarik untuk mencoba hal-hal baru, sedang dari segi psikologis, kondisi kejiwaan mereka merupakan usia yang paling rawan terhadap pengaruh-pengaruh yang datang dari luar.

Saat ini dapat kita lihat betapa kemajuan teknologi telah mempengaruhi gaya hidup dan pola pikir remaja. Mereka banyak berinteraksi dengan teknologi seperti televisi, handphone, atau pun internet. Dan juga secara pengaruh, merekalah yang paling rentan terkena pengaruh/dampak negatif dari teknologi tersebut. Kalau dulu kita lihat para siswa bersekolah dengan hanya membawa buku-buku pelajaran ataupun alat tulis, kini dapat kita saksikan para siswa berangkat sekolah dengan handphone sebagai bawaan wajib mereka. Entah sebetulnya mereka benar-benar membutuhkan handphone tersebut sebagai alat komunikasi atau tidak, yang jelas bagi remaja handphone merupakan sarana gaul yang mutlak yang mereka miliki. Semakin bagus handphone yang mereka punya, semakin merasa gaul dan merasa percaya diri.

Dari mana para remaja itu memperoleh handphone tersebut? Mereka memperolehnya dari orang tua mereka masing-masing. Dan umumnya, para orang tua itu merasa bangga bisa memenuhi segala kebutuhan dan permintaan anaknya tanpa mereka memperhatikan dampak yang akan timbul dari apa yang mereka para orang tua berikan pada anak. Itulah ungkapan kasih sayang orang tua yang mungkin cara penyampaiannya kurang tepat.

Memberikan alat komunikasi seperti handphone kepada anak, sesungguhnya bukan hal yang salah, karena dengan handphone tersebut, mungkin orang tua berharap komunikasi dengan sang anak lebih mudah dan lancar, akan tetapi, hal tersebut menjadi bumerang ketika ternyata handphone tersebut disalahgunakan oleh anak untuk hal-hal yang negatif seperti menyimpan foto-foto ataupun video porno dan juga di gunakan sebagai alat yang memperlancar komunikasi dengan lawan jenis untuk hal-hal yang kurang bermanfaat seperti pacaran, sehingga dengan handphone tersebut berdampak negatif pada anak khususnya remaja seperti terjadinya pergaulan bebas, seks di luar nikah dan menurunnya prestasi belajar bahkan juga bisa terjadi anak mengambil uang atau-pun barang berharga milik orang tuanya tanpa izin hanya untuk membeli pulsa.

Karena itu, orang tua hendaknya benar-benar mempertimbangkan matang-matang segala dampak yang akan timbul sebelum memutuskan untuk memberikan handphone ataupun benda-benda lain yang sekiranya berdampak negatif terhadap perkembangan anakyang sudah memasuki tahap remaja.

Masa remaja adalah masa pencarian jati diri, dan bisa saja dalam proses pencarian jati diri itu remaja tersebut melalui jalan yang benar atau jalan yang salah.

2.3 Dampak  Positif Penggunaan Handphone
Berikut ini akan dijelaskan dampak-dampak positif dari kemajuan teknologi komunikasi.
Komunikasi menjadi lebih mudah.

Fungsi handphone yang paling banyak digunakan yaitu setiap pengguna   handphone dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Kini handphone dilengkapi dengan fitur pesanan dan telepon yang memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang di daerah lain ataupun di negara lain. Bahkan sekarang handphone telah menganut sistem berbasis 3G dimana seseorang dapat berkomunikasi via telepon sekaligus melihat wajah lawan bicaranya.
Pencarian informasi menjadi lebih mudah.

Handphone yang kini semakin canggih, dapat digunakan untuk internet. Sehingga pengguna handphone dapat mengakses informasi dengan menggunakan handphone lewat media internet.

3.      Proses pembelajaran menjadi lebih mudah.
Di zaman yang sudah modern, kini handphone dapat digunakan seperti  halnya komputer. Dalam handphone juga terdapat aplikasi untuk membuka internet.. Layanan online dalam pendidikan pada dasarnya adalah memberikan pelayanan pendidikan bagi pengguna (siswa) dengan menggunakan internet sebagai media. Layanan online ini dapat terdiri dari berbagai tahapan dari proses program pendidikan seperti: pendaftaran, test masuk, pembayaran, perkuliahan, penugasan kasus, pembahasan kasus, ujian, penilaian, diskusi, dan pengumuman. Pendidikan jarak jauh dapat memanfaatkan teknologi internet secara maksimal, dapat memberikan efektifitas dalam hal waktu, tempat dan bahkan meningkatkan kualitas pendidikan. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti materi guru dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat didownload oleh siswa.

4.      Sarana untuk mencari hiburan
Beberapa perangkat hasil dari teknologi komunikasi menyediakan fasilitas game, audio, dan video.

5.      Pelajar tidak gagap teknologi.
Siswa dapat mengikuti perkembangan era teknologisasi dunia dan siswa dapat lebih produktif, efektif dan efisien dalam waktu, energi dan biaya karena ada sarana komunikasi yang memudahkan urusannya.

2.4 Dampak  Negatif Penggunaan Handphone
1. Mengganggu Perkembangan Anak
Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di handphone seperti : kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, misscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Ada yang menggunakan handphone untuk menyontek dalam ulangan. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran, dan sebagainya.Jika hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak  teknologi.
 
2.      Menurunkan prestasi belajar siswa
Dalam kehidupan pelajar yang tidak jauh dari handphone, menjadikan pelajar lebih senang memanfaatkan handphone daripada buku pelajaran. Hal tersebut dapat mengganggu belajar serta menghambat prestasi belajar.

3.      Efek radiasi
Selain berbagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunaan handphone, penggunaan handphone juga berakibat buruk terhadap kesehatan. Ada baiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih handphone, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan  menggunakan handphone secara permanen. 

4. Rawan terhadap tindak kejahatan
Pelajar merupakan salah satu target utama dari para penjahat karena penjahat lebih mudah menarik perhatian pelajar.

5. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang semakin mudah, pornografi pun merajalela. Sehingga handphone menjadi salah satu sarana yang paling mudah untuk membuka internet. Jika tidak ada kontrol dari guru atau pun orang tua,handphone dapat digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno, atau pun tindak kekerasan yang sama sekali tidak layak untuk dilihat oleh pelajar.

6. Pemborosan
Dengan mempunyai  handphone, maka pengeluaran kita akan bertambah,. Apalagi kalau handphone  hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, maka hanya akan menjadi pemborosan saja.

7.      Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang mana pun. Handphone dan internet tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang didapatkan pada penyedia informasi tersebut.

8.   Membuat kerja otak anak menjadi lambat
Salah satu penelitian terbaru tentang dampak negatif ponsel baru-baru ini dilakukan oleh sejumlah peneliti dari Australia, Inggris, dan Belanda dan dipublikasikan di International Journal of Neuroscience. Dalam rilis yang dimuat di jurnal itu dikatakan bahwa penggunaan handphone bisa mempengaruhi fungsi kerja otak manusia. Salah satu dampak negatifnya adalah melemahnya daya kerja otak atau istilah anak muda sekarang yakni lemot (lemah otak).Penelitian ini melibatkan setidaknya 300 orang yang diteliti dalam jangka waktu yang cukup panjang, yakni 2,4 tahun. Responden tersebut dibagi dalam tiga kategori, yakni 100 orang yang menggunakan ponsel rutin, 100 orang tidak menggunakan ponsel dan 100 orang lagi hanya kadang-kadang menggunakan ponsel. Kemudian, dalam kurun waktu tersebut, beberapa kali ke-300 responden itu diukur perbedaan aktivitas otaknya dengan metode quantitive electroencephalographic (EEG). Hal lain yang diteliti adalah fungsi neuropsikologi seperti perhatian, memori, fungsi pelaksana dan kepribadian. Hasilnya, pengguna handphone yang rutin menunjukkan aktivitas otaknya melemah.

2.5  Fakta Sikap Para Remaja Yang Pengguna Handphone
Berikut merupakan tindakan remaja khususnya siswa yang sering ditemukan:
  • Banyak remaja yang mempunyai handphone, waktu luang nya banyak tersita untuk sms an atau menelpon.
  • Ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung di dalam kelas siswa memilih sibuk dengan handphone mereka.
  • Sebagian siswa yang menggunakan alat komunikasi tersebut untuk saling berkomunikasi ketika saat ulangan.
  • Banyak siswa yang menyimpan hal-hal yang berbau porno aksi dan pornografi.
  • Remaja  tidak gagap teknologi, remaja dapat mengikuti perkembangan era teknologi dunia dan siswa dapat lebih produktif, efektif dan efisien dalam waktu, energi dan biaya karena ada sarana komunikasi yang memudahkan urusannya
  • Remaja atau siswa dapat mencari materi dengan search lewat handphone meskipun berada dalam lingkungan kelas saat jam pelajaran tanpa perlu ke laboratorium TIK.

2.6 Tindakan Remaja Untuk Menghindari Penyalahgunaan Handphone
Tindakan yang seharusnya dilakukan setiap remaja untuk menghindari penyalahgunaan handphone yaitu:
  • Menolak ajakan teman untuk menyimpan maupun melihat hal-hal yang menyangkut porno aksi dan pornografi.
  • Tidak membawa handphone ke sekolah atau mematikan handphone saat pelajaran berlangsung agar tidak mengganggu konsentrasi belajar.
  • Ketika berada dirumah sebaiknya mengatur waktu sebaik-baiknya antara belajar dan menggunakan handphone.
  • Belajar sebaik mungkin agar tidak sampai menggunakan handphone saat ujian.
  • Menghindari mengakses situs porno atau mendownload konten-konten porno dari handphone.
  • Menggunakan handphone jika diperlukan dan untuk hal-hal yang penting saja.
  • Memperbanyak konten-konten religi pada handphone.
  • Memberi kode pengaman pada handphone jika diperlukan.
  • Dalam hal ini pengawasan dari orang tua juga sangat penting. Mengingat kenakalan remaja dilakukan mayoritas dilakukan oleh para remaja yang kurang mendapat perhatian dari orang tua.

2.7 Penggunaan Handphone bagi Pelajar
Pelajar saat ini sudah menggunakan handphone dalam kehidupannya. Mereka tidak hanya menggunakan handphone untuk berkomunikasi. Mereka juga menggunakan handphone untuk mengisi waktu luang, seperti menggunakan handphone untuk mendengarkan radio/musik, bermain game, internet, melihat gambar atau pun foto. Tidak sedikit pelajar yang menyimpan video dan foto yang tidak senonoh di handphone.Bagi pelajar handphone juga digunakan untuk tukar-menukar jawaban ujian. Namun penggunaan handphone yang paling sering dilakukan pelajar adalah untuk berkomunikasi dan membuka internet.

Terdapat 40% pelajar yang menyatakan bahwa mereka memiliki handphone karena ingin mengikuti kemajuan teknologi. 20% pelajar lainnya memiliki handphone karena diberi oleh orangtua mereka. Selain itu, pelajar memiliki handphone karena ingin mendapatkan kemudahan dalam komunikasi.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap pelajar SMA Sewon,terdapat 70% pelajar yang lebih sering bermain handphone daripada belajar. Mereka tidak hanya menggunakan handphone untuk hiburan,  namun mereka juga menggunakan handphone untuk mengerjakan tugas sekolah. Terdapat 70% pelajar SMA Sewon yang sering menggunakan handphone saat belajar. Mereka menggunakan aplikasi handphone dalam belajar, seperti kalkulator dan internet.

Hampir seluruh pelajar di SMA Sewon memiliki handphone. Pelajar SMA Sewon yang memiliki handphone selalu membawa barang tersebut ke sekolah. Tidak jarang mereka menggunakan handphone saat jam pelajaran. Penggunaan handphone untuk menghitung, internet, bahkan untuk sms, game, dan membuka jejaring sosial seperti facebook atau pun twitter sering dilakukan pelajar ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung. Penggunaan handphone saat jam pelajaran tersebut dilakukan oleh 60% pelajar di SMA Sewon.

2.8  Alasan Pelajar Selalu Menggunakan  Handphone
Lebih dari 50% pelajar SMA Sewon selalu menggunakan handphone dalam keseharian mereka. Terdapat 60% pelajar SMA Sewon menyatakan bahwa mereka tidak mungkin untuk tidak menggunakan handphone dalam sehari. Para pelajar sulit menjalani aktivitas mereka tanpa menggunakan handphone. Mereka telah bergantung pada handphone. Di era globalisasi ini mereka sudah kecanduan terhadap handphone. Sehingga sulit bagi mereka untuk tidak menggunakan handphone dalam aktivitas apapun.

Handphone selalu digunakan oleh kalangan pelajar. Ada banyak alasan pelajar yang selalu menggunakan handphone, diantaranya adalah:
  • Handphone adalah alat komunikasi yang sangat mudah.
  • Handphone adalah media yang paling mudah dalam mendapatkan informasi serta hiburan.
  • Handphone merupakan alat yang memiliki banyak kegunaan dalam keseharian mereka.
  • Handphone salah satu alat yang penting, simpel, praktis, dan cepat.

2.9 Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Salah satu hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah terciptanya alat komunikasi yang canggih yaitu handphone (HP). Hp pada awalnya hanya digunakan oleh orang – orang yang memang benar – benar membutuhkannya, seperti para pekerja kantoran, pebisnis, pejabat atau guru. Namun, sekarang HP tidak hanya digunakan oleh orang – orang penting saja tetapi juga anak – anak usia sekolah. Lebih parahnya lagi anak – anak usia sekolah dasar pun sudah mengenal dan menggunakan HP. Mengingat tujuan diciptakannya, HP memang diharapkan bisa memberi kemudahan komunikasi kepada manusia, terutama untuk komunikasi jarak jauh. Namun ternyata hal ini juga bisa membawa dampak pada prestasi belajar siswa tersebut. Baik dapat meningkatkan prestasi belajarnya tetapi juga bisa menurunkan prestasi belajar siswa.

HP memiliki dampak positif dan dampak negatifnya. Yang termasuk dampak positif dari HP diantaranya adalah:
1.      Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi
Teknologi selalu berkembang sesuai dengan jaman dan pola pikir manusia yang selalu menuju kearah modernisasi. Oleh sebab itu ada baiknya juga jika siswa juga mampu mengikuti perkembangan teknologi dan informasi untuk pengetahuan siswa juga.
2.      Mempermudah komunikasi terutama jarak jauh
Untuk membantu siswa yang kesulitan dalam mengerjakan PR, HP bisa membantu menghubungi teman yang rumahnya jauh untuk bertanya PR karena dapat menghemat waktu.
3.      Memperluas jaringan persahabatan
Dengan menggunakan HP siswa bisa menambah teman dengan mudah melalui telepon langsung atau pesan singkat(SMS)
4.      Sebagai penghibur pada saat siswa jenuh belajar
Dalam HP terdapat fitur – fitur MP3 atau game yang dapat memberi hiburan pada siswa sehingga apabila siswa mengalami kejenuhan dalam belajar siswa dapat mendengarkan musik atau sekedar main game.
5.      Terdapat fitur internet yang dapat membantu siswa mencari informasi
Hal ini mampu membantu siswa untuk mencari informasi atau materi pelajaran melalui fitur internet yang terdapat di HP.
6.      Memiliki banyak memory
Handphone memiliki banyak memory untuk menyimpan banyak data dengan mudah dan dapat dibawa kemana-mana, baik informasi materi pelajaran, foto – foto, video, hasil ujian, informasi tentang buku terbaru dan musik. Ini bisa digunakan untuk membantu dan mempermudah siswa memahami pelajaran.

Selain dampak positif dari penggunaan HP yang cukup banyak,namun cukup banyak juga juga dampak negatif dari penggunaan HP bagi siswa yang patut di waspadai dan seharusnya di hindari.

1.      Terdapat efek radiasi yang mampu mempengaruhi kesehatan siswa, sehingga sebaiknya untuk anak SD jangan diberi HP untuk digunakan secara permanen.
2.      Rawan tindak kejahatan, karena anak –anak di anggap kurang bisa menjaga diri menyebabkan anak – anak menjadi target utama dari kejahatan pencurian.
3.      Mengganggu perkembangan anak, karena tidak jarang anak sekolah malah lebih tertarik melihat HP yang bergetar ketika pelajaran berlangsung. Parahnya lagi, HP digunakan untuk mencontek jawaban pada saat ujian akhir/nasional.
4.      HP juga bisa mengakibatkan pemborosan, karena menambah pengeluaran untuk pulsa. Apalagi pulsa tersebut tidak digunakan dengan baik, maka akan membuang sia – sia pulsa tsb.
5.      Penyalahgunaan fitur internet
Internet yang selayaknya digunakan untuk mempermudah siswa mencari informasi atau materi pelajaran bisa disalah gunakan untuk mencari gambar atau video yang kurang baik (porno).
6.      Menurunkan mental belajar siswa
Siswa kurang berani mengambil resiko dalam ujian, sehingga sering mencari jalan aman dengan menyontek teman melalui HP. Ini yang menjadikan minat belajar siswa juga berkurang yang mengakibatkan prestasi belajar siswa pun turun.

Banyak dampak yang ditimbulkan oleh penggunaan HP, namun parahnya dampak negatif dari Hp justru lebih banyak.  HP yang diciptakan dengan tujuan positif malah sering dimanfaatkan untuk hal negatif terutama bagi pelajar.

Karenanya handphone(HP) akan sangat bermanfaat apabila penggunanya mampu memanfaatkan dengan bijaksana. Jangan sampai HP menambah banyak masalah dan menghambat prestasi belajar siswa. Kontrol dari guru dan orang tua terhadap penggunaan HP bagi anak sekolah sangat diperlukan. Mengingat HP tidak hanya membawa pengaruh yang positif terhadap belajar siswa namun juga mampu memberi pengaruh negatif untuk perkembangan prestasi siswa dan kesehatan siswa.

2.10 Tindakan yang Dilakukan untuk Menghindari Penyalahgunaan Handphone.
Handphone yang selalu digunakan oleh pelajar dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat terjadi jika pelajar tidak bisa menghindari penyalahgunaan handphone. Maka dari itu, pelajar melakukan tindakan untuk menghindari penyalahgunaan handphone. Tindakan tersebut diantaranya adalah:
  • Menolak ajakan teman untuk menyimpan maupun melihat hal-hal yang menyangkut porno aksi dan pornografi.
  • Tidak membawa handphone ke sekolah atau mematikan handphone saat pelajaran berlangsung agar tidak mengganggu konsentrasi belajar.
  • Ketika berada dirumah, mengatur waktu sebaik-baiknya antara belajar dan memanfaatkan handphone.
  • Membatasi penggunaan handphone.
  • Menghindari mengakses situs porno atau mendownload konten-konten porno.
  • Memanfaatkan handphone seperlunya.
  • Meminta orangtua untuk mengontrol penggunaan handphone.


BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Pelajar zaman sekarang sudah tidak asing lagi dengan handphone. Mereka menggunakan handphone untuk komunikasi, internet, game, mendengarkan musik,dan melihat gambar atau pun video. Alasan pelajar selalu menggunakan handphone dalam aktivitasnya adalah, handphone merupakan alat komunikasi maupun alat pencari informasi yang paling mudah, praktis, dan cepat. Manfaat handphone bagi pelajar adalah untuk mempermudah komunikasi, mendapatkan informasi, mencari hiburan serta mempermudah dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Handphone telah menjadi bagian dari kehidupan pelajar, sehingga keberadaan handphone menyebabkan adanya dampak positif maupun negatif. Dampak positif dari handphone adalah mempermudah dalam pencarian informasi dan komunikasi, selain itu, dapat menjadikan pelajar tidak gagap teknologi. Adapun dampak negatifnya, yaitu mengganggu belajar siswa, berakibat buruk pada perilaku,kesehatan, dan sikap siswa, serta mengakibatkan pemborosan. Untuk itu sangat diperlukan pembatasan serta arahan dari orang tua dalam menggunakan handphone.

Salah satu teknologi yang saat ini sedang trend dan telah merakyat bagi masyarakat Indonesia adalah handphone untuk berbagai kalangan masyarakat. Handphone sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Disamping harga yang ditawarkan cukup terjangkau, berbagai fitur handphone juga diberikan sebagai penunjang majunya teknologi.

B. Saran
1.      Diharapkan kepada pelajar untuk menggunakan nalar dan pikirannya dalam memanfaatkan handphone.
2.      Sebaiknya pelajar menggunakan handphone seperlunya dan penggunaannya sesuai dengan kondisi agar dampak buruk dari handphone tidak terjadi.
3.      Pihak orangtua sebaiknya selalu mengontrol anaknya dalam menggunakan handphone
4.      Pihak guru sebaiknya tidak mengijinkan muridnya untuk menggunakan handphone saat jam pelajaran, terkecuali jika diperlukan
5.      Pihak sekolah hendaknya tidak mengijinkan siswa nya menghidupkan handphone saat jam belajar.




DAFTAR PUSTAKA

Ahira,anne.” Pengaruh Handphone Terhadap Prestasi belajar Siswa”. http : // www. Anneahira .com /pengaruh-handphone-terhadap-prestasi-belajar-siswa.htm. Diakses 20 februari 2012
Annita. 2009. “Dampak Handphone Bagi Pelajar” .http: // artikelpgsd1b2009 .blogspot.com /2009/12/dampak-handphone-bagi-pelajar.html. Diakses 20 februari 2012
Dephy. 2009. “Dampak HP Bagi Pelajar”. http://dephy1993.wordpress.com /2009 /11/17/dampak-hp-bagi-pelajar/. Diakses 20 februari 2012
http://pertekkom.blogdetik.com/2008/04/11/dampak-positif-dan-negatif-handphone/
http://pertekkom.blogdetik.com/2008/05/02/sisi-negatif-dari-handphone-yang-dipakain-sehari-hari/#more-267
http://simatupang.wordpress.com/2007/09/24/handphone-membuat-lemot-otak/
http://id.wikipedia.org/wiki/Telepon_genggam
http://sharingkuliahku.wordpress.com/2011/10/09/pengertian-handphone/
http://www.mmionline.net/artikel/fungsi-handphone.html


*Sumber: https://irwansahaja.blogspot.com/2019/01/contoh-makalah-dampak-smartphone-bagi.html

Tag : Lainnya
0 Komentar untuk "Dampak dan Bahaya Smartphone Bagi Remaja"

Back To Top