BAB I
PENDAHULUAN
Pada akhir abad ke-19, ilmu ini muncul ditengah-tengah ilmu pengetahuan lainnya yang telah ada. Meskipun pengetahuan ilmu Administrasi ini baru saja berkembang, namun jauh sebelumnya sudah ada persoalan Administrasi, yakni semenjak manusia hidup disamping manusia lainnya.
Manusia selalu hidup berkelompok dalam menjalankan kehidupannya. Salah satu kelompok itu ialah sebuah kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerja sama dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu dipelajari oleh suatu cabang ilmu , yang disebut Ilmu Administrasi.
Dari segenap proses penyelenggaraan usaha kerja sama manusia untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya atau tujuannya, telah umum dikenal dalam dunia ilmu pengetahuan dengan suatu istilah “ Administrasi “.
Oleh karena manusia secara kodrat terbatas kemampuannya maka ada kalanya dia tidak dapat melakukan kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuannya itu sendirian saja. Untuk itu dia harus menggunakan tenaga orang lain dalam arti bekerja sama dengan orang lain dalam mencapai tujuannya, atau berorganisasi.
Dalam organisasi ini diperlukan pula manajemen yaitu usaha untuk mengkoordinasikan semua tugas yang dilakukan oleh orang-orang dan mengarahkannya kepada tujuan yang hendak dicapai. Dengan demikian, organisasi dan manajemen adalah merupakan sarana dari administrasi. Dari uraian diatas dapat diketahui bahwa dalam melakukan administrasi, seorang administrator dibantu oleh orang-orang yang bekerja sama dalam menjalankan tugas-tugas yang harus ditunaikan dan tugas-tugas tersebut harus diselaraskan dan dipadukan supaya mengarah Kepada Tujuan dministrasi pada hakikatnya.
Demikian pula halnya kebutuhan seseorang yang besar dan berat, untuk dapat memenuhinya maka timbul keharusan pada orang itu bekerjasama dengan orang lain. Dengan demikian terjadilah usaha kerja sama.
BAB II
Pembahasan
A. Pengertian Administrasi
Kata Administrasi dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Adalah Usaha dan Kegiatan yang meliputi penetapan tujuan serta pemantapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi Kata Administrasi berasal dari bahasa Latin : Ad = intensif dan ministrare = melayani, membantu, memenuhi. Sehingga Administrasi merujuk pada kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani,mengarahkan atau mengatur semua kegiatan di dalam mencapai suatu tujuan.
Administrasi berasal dari bahasa Belanda, “Administratie” , Dimana dalam pengertiannya Administrasi dalam arti sempit, yaitu sebagai kegiatan tata usaha kantor (catat-mencatat,mengetik, menggandakan, dan sebagainya).
Administrasi dalam arti luas, berasal dari bahasa Inggris “Administration” , yaitu proses kerjasama antara dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan (S.P. Siagian, 1973)
Beberapa Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli dan Sumber:
- Administrasi adalah usaha atau kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan (Dr. Agus Marani SE., M.si,2018 )
- Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan. (Alemina SE.M.si,2018)
- Administrasi adalah proses yang pada umumnya terdapat pada semua usaha kelompok,pemerintah atau swasta, sipil atau militer, besar atau kecil (White, 1958).
- Administrasi sebagai kegiatan kelompok yang mengadakan kerjasama guna menyelesaikantugas bersama (Simon, 1958).
- Administrasi didefinisikan sebagai bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan usahakelompok individu guna mencapai tujuan bersama (Newman, 1963).
Pengertian Administrasi dalam bahasa Indonesia:
Berdasarkan hal tersebut diatas, Administrasi ialah proses penyelenggaraan kerja yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Administrasi baik dalam pengertian luas maupun sempit di dalam penyelenggaraannya diwujudkan melalui fungsi-fungsi manajemen, yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Dengan hubungan manusia, dan juga aliran-aliran perilaku, teori proses, pendekatan kuantitatif, pendekatan sistem dan pendekatan kontingensi.
Fase Historis Perkembangan Administrasi :
a. Fase prasejarah
Dari segi waktu dan tempat fase prasejarah yang berakhir pada tahun 1 M dapat dibagi menjadi:
- Peradaban Mesopotamia
- Peradaban Babilonia
- Mesir kuno
- Tiongkok kuno
- Romawi kuno & Yunani Kuno
b. Fase sejarah
Gereja Katolik Roma mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan teori administrasi dan manajemen. Ada tiga kelompok sarjana berbeda namun memiliki pandangan yang secara garis besarnya sama, yaitu:
- Kelompok Kameralisten di Jerman dan Austria
- Kelompok Merkantilizen di Inggris
- Kelompok Fisiokraten di Perancis
c. Fase modern
Fase modern ditandai dengan oleh lahirnya Gerakan Manajemen Ilmiah yang dipelopori oleh Frederick W. Taylor pada tahun 1886 di Amerika Serikat.
B. Hubungan Antar Makna dan Defenisi Administrasi
Sekalipun dengan susunan kata-kata yang berlainan namun semua defenisi tersebut diatas mempunyai inti yang sama yaitu memandang administrasi sebagai suatu jenis kegiatan, aktivitas pekerjaan perbuatan, tindakan ataupun usaha. Tetapi kegiatan yang dilakukan tidak hanya satu macam melainkan merupakan suatu rangkaian kegiatan. Jadi, sesungguhnya administrasi dapat dipandang sebagai suatu rangkaian, tetapi juga dapat dipandang sebagai proses pemikiran. Begitu luasnya bidang yang dicakup oleh istilah administrasi, sehingga Robert prestus sampai-sampai mengungkapkan bahwa cakupan ilmu-ilmu sosial lainnya karena kerja sama dalam setiap aspek kehidupan.
C. Cabang-Cabang Ilmu Administrasi
The Liang Gie menyebutkan delapan cabang ke ilmuan berasal dari rumpun ilmu administrasi cabang-cabang yang dimaksud adalah :
• Ilmu Organisasi
• Ilmu Manajemen
• Ilmu Tata Hubungan
• Ilmu Administrasi Kepegawaian
• Ilmu Administrasi Keuangan
• Ilmu Administrasi Perbekalan
• Ilmu Administrasi Perkantoran
• Ilmu Hubungan Masyarakat
D. Unsur – Unsur Administrasi
Menurut The Liang Gie, Administrasi sebagai rangkaian kegiatan penataan di dalam pelaksanaanya memiliki 7 unsur, yaitu:
1. Organisasi
Organisasi merupakan kelompok orang-orang, tugas-tugas, wewenang, dan tanggung jawab serta hubungan diantara para pekerja atau unit-unit tugas
2. Manajemen
Manajeme merupakan rangkaian perbuatan menggerakkan orang-orang dan mengerahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan kerjasama benar-benar tercapai;
3. Komunikasi
Komunikasi merupakan rangkaian perbuatan menyampaikan warta dari satu pihak kepeda pihak lain dalam usaha kerjasama yang bersangkutan;
4. Kepegawaian
Kepegawaian merupakan rangkaian perbuatan mengatur dan mengurus tenaga kerja yang diperlukan dalam usaha kerjasama yang bersangkutan;
5. Keuangan
Tugas-tugas keuangan adalah rangkaian perbuatan mengelola segi-segi pembelanjaan dalam usaha kerja sama.
6. Perbekalan
Rangkaian perbuatan mengadakan, mengatur menggunakan, mendaftar, memelihara, sampai kepada menyingkirkan benda-benda perlengkapan dalam usaha kerjasama;
7. Tata usaha
Tata usaha merupakan rangkaian perbuatan menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim, dan menyimpan keterangan-keterangan yang diperlukkan dalam usaha kerjasama.
Menurut Atmosudirdjo Unsur – Unsur Administrasi Terbagi Atas 8 Unsur , Yaitu:
1. Tujuan (unsur operasionil)
Adanya Tujuan dalam suatu perusahaan merupakan Capaian atau Alasan
Akhir Dari Terbentuknya Perusahaan Tersebut
2. Manajemen
unsur pimpinan “management team”, group of people yang secara bersama merupakan managerial power
3. Pekerja (unsur “kekuatan kerja”)
Unsur Dimana Pekerja Sebagai Roda Penggerak dalam Suatu Perusahaan
4. Modal (dalam arti unsur “kekuatan membeli”)
Unsur Modal Yang Berarti Materil atau dalam Bentuk Harta Benda Maupun uang Dimana Sebagai Suatu Hal Yang Ingin diperoleh
5. Gedung dan tanah (dalam arti establishment, unsur tempat, papan, markas)
Sebagai Tempat Berlangsungnya Kegiatan Usaha Khususnya Kegiatan Administrasi
6. Equipment (dalam arti mesin, tools, dan pesawat menjadi satu, sebagai unsur “Kekuatan Mekanisasi”, processing power)
Kelengkapan Perlengkapan Produksi, dan Distribusi Sebagai Unsur Kekuatan Mekanisasi
7. Kantor
Merupakan Tempat Resmi Berlangsungnya kegiatan Administrasi
8. Lokasi (ekologi, unsur lingkungan) atau wilayah.
Sebagai sumber bahan dasar Produksi maupun sumber modal yang didapatkan denga cara diolah terlebih dahulu
Menurut Thoha, Administrasi sebagai rangkaian kegiatan penataan di dalam pelaksanaanya memiliki unsur – unsur , yaitu:
1. Organisasi
Organisasi sebagai salah satu unsur administrasi yang menunjukkan adanya suatu proses penataan, pengaturan, penyusunan, pembagian kerja dari usaha kerja sama.
2. Manajemen
Aktivitas menggerakkan segenap orang dan mengerahkan semua fasilitas yang dipunyai oleh sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
3. Komunikasi
Suatu proses tentang penyampaian berita dari sumber berita ke penerima berita yang terjadi dalam suatu organisasi dalam suatu proses kerja sama sekelompok orang untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.
4. Kepegawaian
Suatu kegiatan yang mengurus tenaga kerja manusia, yang meliputi penerimaan, penempatan, pembimbingan, peningkatan sampai dengan pemberhentian.
5. Keuangan
Penataan, pengaturan atau pengelolaan uang meulai dari saat menentukan dari mana sumber biaya (uang) didapt, kemudian cara menggunakan uang, dan cara mempertanggungjawabkan secara sah dan efisien.
6. Perbekalan
Suatu proses yang mengurus barang-barang perbekalan mulai dari saat menentukan pemikiran berapa besar dan banyaknya barang-barang yang dibutuhkan, mengadakan atau menyediakan barang-barang tersebut ditempat, kemudian pemakaian, pemeliharaan dan sampai dengan penyingkirannya.
7. Tata Usaha
Suatu kegiatan yang berkaitan dengan penataan pengaturan bahan keterangan mulai dari saat menghimpun, mencatat bahan-bahan keterangan sampai dengan mengolah, mengadakan, mengirim dan menyimpan bahan-bahan keterangan tersebut.
8. Hubungan Masyarakat
Suatu aktivitas yang berusaha untuk menjaga hubungan baik atau jalinan baik antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lain. Kegiatan pokok dalam humas ini ialah bagaimana caranya menjaga atau menjalin hubungan yang baik antara suatu organisasi dengan organisasi lainnya.
Kedelapan unsur administrasi tersebut akan selalu nampak di dalam setiap proses kerja sama dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan yang dinamakan administrasi. Kumpulan pengetahuan yang teratur, sistematis yang bersasaran aktivitas administrasi itu dinamakan Ilmu administrasi.
E. Fungsi Unsur Administrasi
1. Planning (Perencanaan)
Planning merupakan sebuah penyusunan perencana yang membutuhkan sebuah aktivitas administrasi, misalnya dalam pengumpulan data, pengolahan data, dan penyusunan perencanaan.
2. Organizing (pengorganisasian)
Organizing adalah suatu aktivitas menyusun dan membangun suatu komunikasi kerja antara anggota-anggota sehingga akan tercapai suatu kesatuan usaha untuk mencapai suatu tujuan-tujuan yang telah ditargetkan.
3. Coordinating
Coordinating merupakan sebagian dari fungsi manajemen yang melakukan sejumlah aktivitas agar berjalan baik dengan menjauhi terjadinya suatu kekacauan, bentrok, kekosongan aktivitas yang dilaksanakan dengan menghubungkan, menyatukan dan menyesuaikan suatu pekerjaan bawahan yang sehingga terdapat kerjasama yang terencana dalam suatu usaha untuk mencapai suatu tujuan organisasi.
4. Reporting
Reporting adalah manajemen yang berada pada suatu penyampaian perkembangan atau hasil dari suatu kegiatan dengan pemberian sebuah laporan dari tugas dan fungsi para pejabat yang lebih tinggi baik lisan ataupun tulisan yang sehingga dalam menerima suatu laporan bisa mendapatkan gambaran tentang pelakasanaan tugas orang yang memberi laporan.
5. Budgeting
Budgeting adalah suatu aktivitas yang mengelola dan perencanaan yang berkepanjangan yang berhubungan dengan keuangan atau anggaran.
6. Staffing
Staffing adalah salah satu fungsi dari manajemen yang menyusun personalia pada sebuah organiasi mulai dari merekrut sebuah tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha untuk setiap tenaga petugas memberi suatu daya guna yang maksimal kepada organisasi.
7. Directing (pengarahan atau bimbingan)
Directing merupakan salah satu fungsi manajemen yang berinteraksi dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, untuk tugas yang dilakukan dengan baik dan benar-benar tertuju dari yang sudah ditentukan semula.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Unsur adalah bagian kecil dari sesuatu yang lebih besar. Unsur administrasi adalah bagian-bagian yang harus ada dalam keseluruhan kegiatan administrasi. Klasifikasi unsur administrasi dapat ditinjau dari dua pengertian . Pertama, klasifikasi unsur yang mutlak harus ada dari administrasi. Jika unsur ini tidak ada maka tidak akan ada administrasi. Kedua, klasifikasi unsur yang bersifat umum yaitu tidak berarti bahwa tidak adanya unsur ini maka administrasi tidak ada , melainkan hanya kurang sempurna. Kedelapan unsur umum tersebut masing-masing merupakan subkonsep di dalam rangkaian kegiatan penataan usaha kerja sama yang dinamakan administrasi, dan masing-masing berkembang melahirkan suatu pengetahuan sebagai ilmu yang merupakan cabang ilmu administrasi. Administrasi sebagai proses yaitu rangkaian seluruh kegiatan usaha kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Banyak pendekatan yang digunakan untuk mempelajari administrasi, berbagai pendekatan tersebut tidak ada satu pun yang dapat dipakai secara tunggal dangan memuaskan. Tiap-tiap pendekatan mengandung kelebihan dan kekurangan. Oleh sebab itu, dalam praktek pemecahan masalah yang timbul dalam rangkaian kegiatan penataan kerja sama kelompok orang akan lebih berhasil apabila di terapkan beberapa macam pendekatan secara serentak disebut multi approach.
B. Saran
Demikianlah penulisan Tugas ini, apabila masih terdapat kesalahan atau kekurangan dalam pembahasan dan Materi Tugas ini, saya beserta Tim Kelompok PIA meminta maaf yang sebesar-besarnya dan juga saya harapkan teguran yang sehat sekiranya dapat membangun dalam perbaikan pembuatan Tugas ini.
DAFTAR PUSTAKA
https://majalahpendidikan.com/administrasi-definisi-tujuan-fungsi-dan-unsur-unsur/
http://www.bacaanpopuler.com/2017/04/unsur-unsur-administrasi.html
https://hambali14.wordpress.com/2011/06/04/sejarah-perkembangan-administrasi/
https://majalahpendidikan.com/administrasi-definisi-tujuan-fungsi-dan-unsur-unsur/
http://generasimerunduk.blogspot.com/2013/11/makalah-administrasi-unsur-unsur-dan.html
Alemina , 2018. Unsur – Unsur Administrasi. Medan, Politeknik negeri medan
Pangewa, Maharuddin.2008. Mengenal Substansi Administrasi. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar
Soewarno, Handayaningrat.(1996).Pengantar Studi Administrasi dan Manajemen (Online). Tersedia di http//www.google.com/
Musanef.(1996).Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen (Online) Tersedia di http//www.google.com/
*Sumber: https://www.academia.edu/38007184/_UNSUR_-UNSUR_ADMINISTRASI_Elements_of_Administration_KATA_PENGANTAR
Tag :
Administrasi
0 Komentar untuk "Unsur Unsur Administrasi"