BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam dunia pendidikan dan pengajaran yang menjadi fokus perhatian adalah peserta didiknya, baik itu di Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Pendidikan Menengah, ataupun di Perguruan Tinggi dan pendidikan untuk orang dewasa lainnya.
Sebagai seorang guru atau pengelola dalam pendidikan lainnya, Anda diharapkan dapat menerapkan materi yang dipelajari sehingga tujuan yang telah ditetapkan tercapai. Dengan mempelajari perkembangan peserta didik kita akan memperoleh beberapa keuntungan, diantaranya kita mempunyai gambaran yang nyata tentang anak dan remaja. Dari psikologi perkembangan akan diketahui pada umur berapa anak mulai berbicara dan mulai mampu berpikir abstrak. Hal-hal itu merupakan gambaran umum yang terjadi pada kebanyakan anak, di samping itu akan diketahui pula pada umur berapa anak tertentu akan memperoleh keterampilan perilaku dan emosi khusus. Pengetahuan tentang psikologis perkembangan anak membantu kita untuk merespon sebagaimana mestinya pada perilaku tertentu dari seorang anak. Bila seorang anak dari Taman Kanak-kanak tidak mau sekolah lagi karena diganggu temannya, apa yang harus dilakukan oleh guru dan orang tuanya? Bila anak selalu ingin merebut mainan temannya apakah dibiarkan saja? Psikologi perkembangan akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dan menunjukkan sumber-sumber jawaban serta pola-pola mengenai pikiran, perasaan, dan perilakunya.
Pengetahuan tentang perkembangan anak akan membantu mengenali berbagai penyimpangan dari perkembangan yang normal dan dengan mempelajari perkembangan anak akan membantu memahami diri sendiri. Psikologi perkembangan akan secara terbuka mengungkapkan proses pertumbuhan psikologi, proses-proses yang akan dialami pada kehidupan sehari-hari. Yang lebih penting lagi, pengetahuan ini akan membantu kita memahami apa yang kita alami sendiri.
Maka dari itu penulis bermaksud menulis makalah yang akan memberikan informasi kepada pembaca mengenai “Pentingnya Mempelajari Perkembangan Peserta Didik” dan dengan harapan agar penulis lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak.
B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam makalah ini adalah:
1. Apa pengertian perkembangan?
2. Apa yang mendasari pentingnya mengetahui perkembangan peserta didik?
3. Apa faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan?
4. Bagaimana fase-fase perkembangan?
5. Apa saja pola-pola perkembangan pada peserta didik?
6. Apa saja tugas-tugas perkembangan?
C. Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah:
1. Agar kita mengetahui proses-proses perkembangan peserta didik.
2. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan.
3. Sebagai media pembelajaran bagi penulis.
4. Melengkapi tugas mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah.
D. Manfaat Penulisan
Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah:
1. Memberikan informasi kepada pembaca mengenai pentingnya mengetahui perkembangan peserta didik.
2. Sebagai media untuk menambah pengetahuan para pembaca.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan
Dalam kehidupan manusia terdapat dua proses kejiwaan yang terjadi, yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Pada umumnya, istilah pertumbuhan dan perkembangan digunakan secara interdependensi, artinya saling bergantung satu sama lain. Kedua proses situ tidak dapat dipisahkan, tetapi dapat dibedakan untuk memperjelas penggunaannya. Pertumbuhan berkaitan dengan perubahan fisik secara kuantitatif yang menyangkut peningkatan ukuran dan struktur biologis. Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil proses pematangan fungsi dalam perjalanan waktu tertentu.
Pertumbuhan adalah suatu proses pertambahan ukuran, baik volume, bobot, dan jumlah sel yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke asal). Pertumbuhan dapat pula diartikan sebagai proses transmisi dari konstitusi fisik (keadaan tubuh atau keadaan jasmaniah) yang herediter dalam bentuk proses aktif berkesinambungan. Hasil pertumbuhan, antara lain bertambahnya ukuran kuantitatif badan anak, seperti berat, panjang, dan kekuatannya. Begitu pula pada system jaringan syarat dan pertumbuhan-pertumbuhan struktur jamani lainnya. Dengan demikian, pertumbuhan dapat diartikan sebagai proses perubahan dan pematangan fisik.
Sedangkan, perkembangan adalah perubahan atau diferensiasi sel menuju keadaan yang lebih dewasa. Atau dapat pula diartikan bahwa perkembangan merupakan perubahan-perubahan yang terjadi baik sebagai pertumbuhan, kematangan, belajar, maupun latihan. Menurut Santrok Yussen. 1992 perkembangan adalah pola perkembangan individu yang berawal pada konsepsi dan terus berlanjut sepanjang hayat dan bersifat involusi ( Santrok Yussen. 1992).
B. Pentingnya Mengetahui Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik
Berikut ini adalah beberapa hal yang mendasari pentingnya mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.
1. Masa Perkembangan yang Cepat
Pada masa terjadi pertumbuhan-pertumbuhan yang cepat dibandingkan dengan perubahan-perubahan yang dialami spesies lain. Perubahan fisik, misalnya pada tahun pertama lebih cepat dari apda tahun-tahun berikutnya. Hal yang sama terjadi juga pada perubahan yang menyangkut interaksi sosial, perolehan dan penggunaan bahasa, kemampuan mengingat serta fungsi lainnya.
2. Pengaruh yang Lama
Alasan lainnya mengapa mempelajari anak ialah bahwa peristiwa-peristiwa dan pengalaman-pengalaman pada tahun-tahun awal menunjukkan pengaruh yang lama dan kuat terhadap perkembangan individu pada masa-masa berikutnya. Kebanyakan ahli teori psikologi berpendapat bahwa apa yang terjadi hari ini sangat banyak ditentukan oleh perkembangan kita sebagai anak
3. Proses yang Kompleks
Seorang peneliti berpendapat bahwa mengkaji tentang bagaimana perilaku itu pada saat masih sederhana akan sangat berguna. Misalnya adalah bahwa kebanyakan orang dapat membuat kalimat yang panjang dan dapat dimengerti oleh orang lain. Manusia mampu berkomunikasi dari cara yang sederhana sampai yang kompleks karena bahasa yang dipergunakan mengikuti aturan-aturan tertentu. Tetapi menentukan apa aturan itu dan bagaimana menggunakan adalah sulit.
4. Nilai yang Diterapkan
Penelitian tentang tahap awal perkembangan sosial yang secara relevan berkaitan dengan orang tua tentang peranannya dalam kehidupan sehari-hari, percobaan tentang strategi pemecahan masalah pada anak akan memberikan informasi berharga mengenai metode mengajar yang baik.
5. Masalah yang Menarik
Anak merupakan makhluk yang mengagumkan dan penuh teka-teki serta menarik untuk dikaji. Kemudahan anak umur dua tahun untuk mempelajari bahasa ibunya dan kreativitas anak untuk bermain dengan temannya merupakan dua hal dari karakteristik anak yang sedang berkembang. Misalnya, banyak lagi hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan anak yang merupakan misteri dan menarik.
C. Manfaat Mempelajari Perkembangan Peserta Didik Bagi Pendidik
Mempelajari perkembangan peserta didik kita akan memperoleh beberapa keuntungan. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Kita akan mempunyai ekspektasi yang nyata tentang peserta didik, misalnya akan diketahui pada umur berapa peserta didik mulai berbicara dan mulai mampu berpikir abstrak atau akan diketahui pula pada umur berapa peserta didik tertentu akan memperoleh keterampilan perilaku dan emosi khusus.
2. Pengetahuan tentang perkembangan peserta didik akan membantu kita untuk merespons sebagaimana mestinya pada perilaku tertentu dari peserta didik.
3. Pemahaman tentang perkembangan peserta didik akan membantu mengenali berbagai penyimpangan dari perkembangan yang normal.
Sebagai calon guru harus dapat memegang peranan yang sangat strategis terutama dalam membentuk watak bangsa serta mengembangkan potensi siswa. Kehadiran guru tidak tergantikan oleh unsur yang lain, lebih-lebih dalam masyarakat kita yang multi kultural dan multidimensional, dimana peranan teknologi untuk menggantikan tugas-tugas guru sangat minim. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan. Guru yang profesional diharapkan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Profesionalisme guru sebagai ujung tombak di dalam implementasi kurikulum di kelas yang perlu mendapat perhatian (Depdiknas, 2005).
Dalam proses belajar mengajar, guru mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan. Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi dalam kelas untuk membantu proses perkembangan siswa. Penyampaian materi pelajaran hanyalah merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam belajar sebagai suatu proses yang dinamis dalam segala fase dan proses perkembangan siswa.
Begitu pentinya peranan guru dalam keberhasilan peserta didik maka hendaknya sebagai calon guru kita harus mampu beradaptasi dengan berbagai perkembangan yang ada dan meningkatkan kompetensinya sebab guru pada saat ini bukan saja sebagai pengajar tetapi juga sebagai pengelola proses belajar mengajar. Sebagai orang yang mengelola proses belajar mengajar tentunya harus mampu meningkatkan kemampuan dalam membuat perencanaan pelajaran, pelaksanaan dan pengelolaan pengajaran yang efektif, penilain hasil belajar yang objektif, sekaligus memberikan motivasi pada peserta didik dan juga membimbing peserta didik terutama ketika peserta didik sedang mengalami kesulitan belajar.
Salah satu tugas yang dilaksanakan guru disekolah adalah memberikan pelayanan kepada siswa agar mereka menjadi peserta didik yang selaras dengan tujuan sekolah.
Guru mempengaruhi berbagai aspek kehidupan baik sosial, budaya maupun ekonomi. Dalam keseluruhan proses pendidikan, guru merupakan faktor utama yang bertugas sebagai pendidik. Guru harus bertanggung jawab atas hasil kegiatan belajar anak melalui interaksi belajar mengajar. Guru merupakan faktor yang mempengaruhi berhasil tidaknya proses belajar dan karenanya guru harus menguasai prinsip-prinsip belajar di samping menguasai materi yang disampaikan dengan kata lain guru harus menciptakan suatu kondisi belajar yang sebaik-baiknya bagi peserta didik, inilah yang tergolong kategori peran guru sebagai pengajar.
Disamping peran sebagai pengajar, guru juga berperan sebagai pembimbing artinya memberikan bantuan kepada setiap individu untuk mencapai pemahaman dan pengarahan diri yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian diri secara maksimal terhadap sekolah.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari pembahasan makalah diatas, maka dapat kami simpulkan bahwa yang dimaksud dengan perkembangan adalah perubahan atau diferensiasi sel menuju keadaan yang lebih dewasa. Atau dapat pula diartikan bahwa perkembangan merupakan pola perkembangan individu yang berawal pada konsepsi dan terus berlanjut sepanjang hayat dan bersifat involusi ( Santrok Yussen. 1992).
Dengan mempelajari perkembangan peserta didik kita sebagai calon guru akan memperoleh beberapa keuntungan. Pertama, kita akan mempunyai ekspektasi yang nyata tentang peserta didik, misalnya akan diketahui pada umur berapa peserta didik mulai berbicara dan mulai mampu berpikir abstrak atau akan diketahui pula pada umur berapa peserta didik tertentu akan memperoleh keterampilan perilaku dan emosi khusus.
Kedua, pengetahuan tentang perkembangan peserta didik akan membantu kita untuk merespons sebagaimana mestinya pada perilaku tertentu dari peserta didik.
Ketiga, pemahaman tentang perkembangan peserta didik akan membantu mengenali berbagai penyimpangan dari perkembangan yang normal.
B. Saran
Dalam menguraikan masalah tersebut penulis menyadari banyak sekali kekurangannya. Untuk itu penulis mengharapkan kepada pembaca untuk meneliti dan mengkaji kembali hal-hal yang berhubungan dengan masalah ini, supaya para pembaca mendapat wawasan yang lebih luas. Selain itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan sarannya untuk perbaikan dalam penyusunan makalah selanjutnya.
DAFTAR PUSTAKA
Budiman Nandang. 2006. Memahami Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Faiha. 2011. Pentingnya Mempelajari Perkembangan Peserta Didik. Diunduh dari http://faiha24.blogspot.com/2011/09/pentingnya-mempelajari-perkembangan.html pada tanggal 25 Juni 2013
Jannah Raudhatul. 2011. Pentingnya Guru Memahami Perkembangan Dan Cara Belajar Anak. Diunduh dari http://edukasi.kompasiana.com/2011/01/01/pentingnya-guru-memahami-perkembangan-dan-cara-belajar-anak-329445.html pada tanggal 26 Juni 2013
Sobur Alex. 2011. Psikologi Umum. Bandung : CV Pustaka Seta
Soim Ibnu. 2012. Bab I Manfaat Mempelajari Perkembangan Peserta Didik Bagi Pendidik. Diunduh dari http://mp3soim.blogspot.com/2012/12/bab-i-manfaat-mempelajari-perkembangan.html pada tanggal 25 Juni 2013.
Sumantri Mulyani, Nana Syaodih. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Zhuldyn. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Diunduh dari http://zhuldyn.wordpress.com/materii-lain/perkembangan-peserta-didik/ pada tanggal 26 Juni 2013
http://yuliana4arega.blogspot.com/2014/07/makalah-pentingnya-mempelajari.html
*Sumber:
https://www.academia.edu/7258215/PENTINGNYA_MEMAHAMI_PERKEMBANGAN_PESERTA_DIDIK_BAGI_CALON_GURU
http://yuliana4arega.blogspot.com/2014/07/makalah-pentingnya-mempelajari.html
Tag :
Lainnya,
Pendidikan
0 Komentar untuk "Pentingnya Memahami Perkembangan Peserta Didik bagi Calon Guru"