Pemasaran Jasa Berbasis Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Saat ini sedang berlangsung Revolusi Industri 4.0, yaitu sebuah revolusi industri di abad 21 di mana terjadi perubahan besar–besaran di berbagai bidang lewat perpaduan teknologi yang mengurangi atau bahkan menghilangkan sekat–sekat antara dunia fisik, digital, dan biologi.
Revolusi ini ditandai dengan adanya pemanfaatan teknologi–teknologi baru dalam berbagai bidang, seperti kecerdasan buatan, robot, blockchain, teknologi nano, komputer kuantum, bioteknologi, Internet of Things, Printer 3D, dan kendaraan tanpa awak. Sebagaimana halnya dengan revolusi-revolusi industri sebelumnya, Industri 4.0 berpotensi meningkatkan kualitas hidup umat manusia di seluruh dunia.

Era revolusi industri 4.0 yang seperti sekarang ini, terjadi perkembangan secara pesat dalam bidang teknologi di berbagai negara termasuk di Indonesia sendiri. Sekarang ini banyak kecanggihan teknologi yang mendukung perkembangan dunia informasi. Perkembangan teknologi pada jaringan komputer menyebabkan peningkatan pesat pada bidang telekomunikasi yang ditandai dengan munculnya internet. Internet juga mendorong perekonomian dengan maraknya perdagangan melalui internet yang saat ini.

B. RUMUSAN MASALAH
1. apa pengertian digital marketing 4.0 ?
2. apa saja keunggulan teknologi informasi dalam pemasaran jasa ?
3. bagaimana Penerimaan masyarakat mengenai pemasaran Jasa 4.0?
4. bagaimana Cara Memasarkan Jasa Pada Era Digital?


BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Digital Marketing 4.0
E-Marketing adalah pemasaran yang memiliki lingkup lebih luas karena mengacu pada media digital seperti web, e-mail dan media nirkabel, tetapi juga meliputi pengelolaan data pelanggan digital, dan juga bagaimana Internet dapat digunakan bersama dengan media tradisional untuk memperoleh dan memberikan layanan kepada pelanggan.

Saat ini semuanya menjadi elektronik. Marketer menggunakan teknologi untuk melakukan kegiatan usaha. E-marketing menciptakan, berkomunikasi, dan memberikan proses nilai kepada pelanggan yang menggunakan sistem teknologi informasi, dan untuk mengelola dan memelihara hubungan dengan pelanggan untuk mendapatkan manfaat bagi organisasi atau perusahaan dengan para stakeholder. E-marketing menggunakan metode teknologi informasi ke dalam prinsip-prinsip pemasaran tradisional.

Pemasaran Jasa Berbasis Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0

B. peran teknologi informasi dalam pemasaran jasa
Saat ini penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan terutama dalam pemasaran jasa..
Istilah TI ( Teknologi Informasi ) atau IT ( Information Technology ) yang populer saat ini adalah bagian dari mata rantai panjang dari perkembangan TI . Memang secara nota bene lebih mudah dipahami secara umum sebagai pengolahan informasi yang berbasis pada teknologi komputer yang tengah

terus berkembang pesat. Teknologi informasi merupakan alat atau tool dalam sebuah sistem informasi yang dibangun dalam suatu bisnis Teknologi Informasi sebagai tulang punggung manajemen supply chain, konsep manajemen supply chain tidak dapat dipisahkan dari perkembangan teknologi informasi (TI). Konsep manajemen supply chain memperlihatkan adanya proses ketergantungan antara berbagai perusahaan yang terkait  di dalam sebuah system bisnis. Semakin banyak perusahaan yang terlibat dalam rantai tersebut, akan semakin kompleks strategi pengelolaan yang perlu dibangun. Dalam konteks bisnis, internet membawa dampak transformasi yang menciptakan paradigma baru dalam berbisnis, berupa digital marketing atau internet marketing (cyber marketing, electronic marketing). Istilah internetisasi mengacu pada proses sebuah perusahaan terlibat dalam aktivitas- aktivitas bisnis secara elektronik (e-commerce atau e-bisnis), khususnya dengan memanfaatkan internet sebagai media, pasar, maupun infrastruktur penunjang.

Kebutuhan akan tenaga yang berbasis teknologi informasi masih terus meningkat; hal ini bisa terlihat dengan banyaknya jenis pekerjaan yang memerlukan kemampuan di bidang teknologi informasi di berbagai bidang; juga jumlah SDM berkemampuan di bidang teknologi informasi masih sedikit, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia.

Dengan teknologi informasi yang terkoneksi dengan jaringan internet global memberikan peluang dalam pemasaran produk atau jasa, dengan jaringan internet dan fitur web yang menarik merupakan salah satu alat promosi yang baik dan lebih murah terutama dalam bisnis jasa. Dalam konsep Good Govenance dimana terdapat kesetaraan peran antara pemerintah, masyarakat dan swasta, mau tidak mau pemerintahpun harus menguasai dan mengembangkan teknologi informasi yang populer sekarang dengan sebutan E-Goverment. Pada prinsipnya peran teknologi dalam pemasaran adalah sebagai alat untuk mempermudah proses, dibalik itu tetap sumberdaya manusia dan strategi pemasaran memegang kunci utama.

C. Penerimaan masyarakat mengenai pemasaran Jasa 4.0
Perilaku masyarakat sebagai konsumen yang sudah mulai terbiasa untuk hidup secara instant dan tidak mau repot, memunculkan banyaknya media online sebagai sarana untuk melakukan pemasaran jasa dan mulai  mendominasi setiap pemasaran produk. Akhirnya, ketika dahulu pemasaran masih membutuhkan jasa artis atau orang terkenal untuk dapat mengiklankan sebuah produk, kini siapa saja bisa memasarkan produk mereka dengan mudah dan cepat. Selain itu, media online berbasis internet atau teknologi juga menjadi terkemuka karena konsumen dapat langsung berhubungan dengan para penjual.

D. Cara Memasarkan Jasa Pada Era Digital
1. Memahami target pasar
Tahap paling awal adalah dengan melakukan segmenting, yakni proses kategorisasi, klasifikasi, dan penggolongan target pasar. Dengan demikian Anda bisa mengetahui target yang paling potenisial dalam menjual produk jasa.

Segmentasi membuat perusahaan lebih mungkin dalam mengalokasikan sumber daya, sehingga kinerja keuangan akan lebih efektif dan efisien. Dengan adanya segmentasi, perusahaan bisa memetakan jasa dari competitor.

2. Menganalisa produk jasa pesaing
Lakukan riset kecil-kecilan terhadap produk jasa yang berasal dari pesaing Anda. Lihat bagaimana strategi serta distribusi pasar yang mereka terapkan. Dengan begitu Anda bisa melakukan respon yang tepat ketika melakukan penjualan produk jasa.

3. Maksimalkan potensi saluran pemasaran
Ada banyak sekali saluran pemasaran yang digunakan. Misalnya facebook ads, Instagram ads, youtube ads, dan blog. Namun jika Anda sudah memiliki beberapa saluran, maksimalkan pada satu ada dua saluran yang benar-benar potensial dalam mendapatkan konsumen.

4. Mengukur hasil dari kinerja pasar
Dalam dunia digital, kinerja pasar cukup cair dan fluktuatif. Hal ini karena konsumen cepat merubah plihannya, walau mereka merasa jasa yang Anda tawarkan sudah baik bagi mereka. Namun, jika ditemukan jasa yang kualitasnya sedikit di bawah Anda namun perbedaan harganya sangat mencolok, maka mereka akan dengan cepat berubah pikiran

5. Menganalisa efektivitas pemasaran
Langkah ini dilakukan jika Anda sudah memiliki distribusi pemasaran yang baik. Misalnya dengan menggunakan tools optimasi (SEO). Hal yang dapat Anda ukur adalah apakah dengan berada di peringkat atas google secara langsung meningkatkan penjualan.



BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Berdasarkan makalah di atas, dapat disimpulkan bahwa teknologi berkembang dari zaman ke zaman. Bidang Pemasaran, terutama pemasan jasa telah berkembang menjadi sangat berbasis teknologi, oleh sebab itu strategi digital marketing sangat penting untuk di kembangkan karena dapat mentargetkan target pasar yang berpotensial dan mengurangi biaya banyak.




DAFTAR PUSTAKA

Assauri , Sofjan. 2015 Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Atmoko, Bambang Dwi, 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita Chaffey, Dave. 2015. Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation, and Practice. England: Pearson Education Limited

*Sumber: https://www.academia.edu/43368368/MAKALAH_PEMASARAN_JASA_BERBASIS_TEKNOLOGI_DI_ERA_REVOULUSI_INDUSTRI_4_0

0 Komentar untuk "Pemasaran Jasa Berbasis Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0"

Back To Top