Manusia Sebagai Makhluk Budaya Apresiasi Terhadap Kemanusiaan dan Kebudayaan

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Pada hakekatnya manusia telah diberi anugrah oleh Allah SWT berupa akal dan nafsu, akal dan nafsu inilah yang mendorong manusia untuk menciptakan sesuatu yang dapat mewujudkan cita-cita atau penghargaannya. Dalam mewujudkan cita-cita tersebut manusia telah menciptakan sains, teknologi dan seni sebagai salah satu sarana sehingga sejak saat itu  kehidupan manusia mulai berubah. Selain itu sains, teknologi, dan seni juga telah mempengaruhi peradaban manusia dalam kehidupannya terutama dalam bidang budaya.

Dalam kehidupannya manusia menjalani banyak aktivitas, mulai dari aktivitas pribadi,keluarga, etnis/suku, kelompok dan masyarakat. Dari aktivitas-aktivitas tersebut kegiatan yang melibatkannya etnis/sukunya yang memiliki kekhasan tersendiri. Pada umumnya kegiatan yang terjadi dalam kalangan suatu suku atau etnis merupakan warisan turun-temurun dari para leluhur-leluhur mereka. Sedangkan sifat dari kegiatan-kegiatan tersebut umumnya sakral atau dianggap suci dan bernilai oleh kalangan masyarakat suku atau etnis tersebut.

Kegiatan-kegiatan  yang  telah  diwariskan  turun-temurun  dan   dianggap   sakral tersebut biasa kita sebut sebagai budaya. Selain berupa kegiatan-kegiatan budaya dapat berupa aturan-aturan, nilai-nilai, dan kebiasaan-kebiasaan yang berlaku didalam suatu kalangan suku atau etnis.Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan etnis memiliki berbagai macam budaya yang unik dan memiliki keistimewaan sendiri.

Manusia sebagai mahluk yang hidup dalam suatu suku atau etnis khususnya diIndonesia merupakan pelaku utama budaya-budaya yang ada di dalam Nusantara itu, karena itu manusia adalah mahluk budaya.
 
B. RUMUSAN MASALAH
1. Hakikat manusia sebagai makhluk budaya
2. Apresiasi terhadap kemanusiaan dan kebudayaan
3. Memanusiakan manusia melalui pemahaman konsep dasar kemanusiaan


C. TUJUAN
Dari rumusan masalah yang telah diuraikan, tujuan pembahasan makalah ini adalah :
1. Menganalisis manusia sebagai makhluk budaya
2. Menjelaskan hakikat manusia sebagai makhluk budaya
3. Mengetahui apresiasi terhadap kemanusiaan dan kebudayaan
4. Membedakan antara etika dan estetika budaya
5. Menunjukkan sikap hormat terhadap sesama manusia
6. Memberikan contoh problematika kebudayaan
7. Serta untuk memperoleh nilai tugas mata kuliah yang diberikan dosen pembimbing mata kuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar


BAB II
PEMBAHASAN

A. HAKIKAT MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
Manusia adalah salah satu makhluk Tuhan di dunia. Makhluk Tuhan di alam fana ini ada empat macam, yaitu alam, tumbuhan, binatang, dan manusia. Sifat-sifat yang dimiliki makhluk tersebut sebagai berikut.
1. Alam memiliki sifat wujud.
2. Tumbuhan memiliki sifat wujud dan hidup.
3. Binatang memiliki sifat wujud, hidup dan dibekali hawa nafsu.
4. Manusia memiliki sifat wujud, hidup, dibekali nafsu serta akal budi.

Dengan akal budi, manusia tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup, tetapi juga mampu mempertahankan serta meningkatkan derajatnya sebagai makhluk yang tinggi bila dibanding dengan makhluk yang lainnya. Manusia tidak hanya sekedar homo, tetapi human (manusia yang manusiawi). Dengan demikian, manusia memiliki dan mampu mengembangkan sisi kemanusiaannya.


Manusia Sebagai Makhluk Budaya Apresiasi Terhadap Kemanusiaan dan Kebudayaan


Kelebihan manusia dibanding makhluk lain terletak pada akal budi.manusia mampu menciptakan kebudayaan, mengkreasikan, memperlakukam, memperbarui, memperbaiki, mengembangkan dan meningkatkan sesuatu yang ada untuk kepentingan hidup manusia, baik dengan alam maupun manusia lainnya. Untuk itu manusia dapat dikatakan sebagai pencipta kebudayaan dan makhluk berbudaya.[1]

Kebudayaan mempunyai kegunaan sangat besar bagi manusia,sehingga kebudayaan memiliki peran sebagai:
1. Suatu hubungan pedoman antar manusia atau kelompoknya.
2. Wadah untuk menyalurkan perasaan-perasaan dan kemampuan lain.
3. Sebagai pembimbing kehidupan manusia.
4. Pembeda manusia dan binatang.
5. Petunjuk-petunjuk tentang bagaimana manusia harus bertindak dan berperilaku didalam pergaulan.
6. Pengantar agar manusia dapat mengerti bagaimana seharusnya bertindak, berbuat, menentukan sikapnya jika berhubungan dengan orang lain.[2]
 

B. APRESIASI TERHADAP KEMANUSIAAN DAN KEBUDAYAAN
1. Manusia dan Kemanusiaan
Kemanusiaan merupakan prinsip atau nilai yang berisi keharusan/tuntutan untuk berkesusaian dengan hakikat dari manusia. Hakikat manusia bisa dipandang secara segmental atau dalam arti persial. Misalkan manusia dikatakan sebagai homo economicus, homo faber, homo socius, homo homini lupus, zoon politicon dan sebagainya.

Prinsip kemanusiaan mengandung arti adanya penghargaan dan penghormatan terhadap harkat dan martabat yang luhur. Semua manusia adalah luhur, karena itu manusia tidak harus dibedakan perlakuannya hanya karena perbedaan suku, ras, keyakinan, status sosial ekonomi, asal usul dan sebagainya. Dengan demikian, sudah sewajarnya antar sesama manusia tidak saling menindas, tetapi saling menghargai dan saling menghormati dengan pijakan prinsip kemanusiaan.[3]

2. Manusia Sebagai Kebudayaan
Dalam bahas Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata latin colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Dalam bahasa Belanda, culture bisa diartikan sebagai mengolah tanah atau bertani. Dengan demikian bisa kata budaya ada hubungan nya dengan kemampuan manusia dalam mengelola sumber-sumber kehidupan, dalam hal pertanian.
Definisi kebudayaan telah banyak di kemukakan oleh banyak ahli. Beberapa contoh sebagai berikut:
a. Herskovits memandang kebudaaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganik
b. Andreas Eppink menyatakan bahwa kebudayaan megandung keseluruhan pengertian, nilai, norma, ilmu pengetahuan. Serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, ditambah lagi dengan segala pernyataan intelektualdan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.
c. Edward B. Taylor mengemukakan bahwa kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang didalam nya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
d. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi mengatakan kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
 
 
C. MEMANUSIAKAN MANUSIA MELALUI PEMAHAMAN KONSEP DASAR MANUSIA
Manusia harus memiliki prinsip, nilai, dan rasa kemanusiaan yang melekat dalam dirinya. Manusia memiliki perikemanusiaan, tetapi binatang tidak biasa dikatakan memiliki peri kebinatangan. Hal ini karena binatang tidak memiliki akal budi, sedangkan manusia memiliki akal budi yang biasa memunculkan rasa atau perikemanusiaan. Perikemanusiaan inilah yang mendorong perilaku baik sebagai manusia.

Memanusiakan manusia berarti perilaku manusia untuk senantiasa menghargai dan menghormati harkat dan derajat manusia lainnya. Memanusiakan manusia adalah tidak menindas sesama, tidak menghardik, tidak bersifat kasar, tidak menyakiti, dan perilaku-perilaku buruk lainnya.

Memanusiakan manusia berarti pula perilaku memanusiawikan antar sesama. Memanusiakan manusia memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain. Bagi diri sendiri akan menunjukkan harga diri dan nilai luhur pribadinya sebagai manusia. Sedangkan bagi orang lain akan memberikan rasa percaya, rasa hormat, kedamaian, dan kesejahteraan hidup.

Sebaliknya, sikap tidak manusiawi terhadap manusia lain hanya akan merendahkan harga diri dan martabatnya sebagai manusia yang sesungguhnya makhluk mulia. sedangkan bagi orang lain sebagai korban tindakan yang tidak manusiawi akan menciptakan penderitaan, kesusahan, kekuatan, perasan dendam, dan sebagainya. Sedangkan bagi orang lain sebagai korban tindakan yang tidak manusiawi akan menciptakan penderitaan, kesusahan, ketakutan, perasaan dendam, dan sebagainya. [8]
 
Sejarah membuktikan bahwa perseteruan, pertentangan, dan peperangan yang terjadi di berbagai belahan dunia adalah karena manusia belum mampu memanusiakan manusia lain, sekelompok bangsa menindas bangsa lain.

Penjajahan tidak sesuai dengan perikemanusiaan. Dewasa ini, perilaku tidak manusiawi dicontohkan dengan adanya kasus kekerasan terhadap para pembantu rumah tangga. Misalkan seorang pembantu disiksa, tidak diberi upah, dikurung dalam rumah, dan sebagainya. Para majikan telah melakukan tindakan yang bertentangan dengan prinsip-prinsip kemanusiaan.

Sikap dan perilaku memanusiakan manusia didasarkan atas prinsip kemanusiaan yang disebut the mankind is one. Prinsip kemanusiaan tidak membeda-bedakan kita dalam memperlakukan orang lain atas dasar warna kulit, suku, agama, ras, asal, dan status sosial ekonomi. Kita tetap harus manusiawi terhadap orang lain, apa pun latar belakangnya, karena semua manusia adalah makhluk Tuhan yang sama harkat dan martabatnya. Perilaku yang manusiawi atau memanusiakan manusia adalah sesuai dengan kodrat manusia. Sebaiknya, perilaku yang tidak manusiawi bertentangan dengan hakikat kodrat manusia. Perilaku yang tidak manusiawi pasti akan mendatangkan kerusakan hidup manusia.


BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Kebudayaan atau budaya menyangkut keseluruhan aspek kehidupan manusia baik material maupun non material. Sebagian besar ahli yang mengartikan kebudayaan seperti ini kemungkinan besar sangat di pengaruhi oleh pandangan evolusionisme, yaitu suatu teori yang mengatakan bahwa kebudayaan itu akan berkembang dari tahapan yang sederhana menuju tahapan yang lebih kompleks. Dari uraian di atas di ketahui bahwa manusialah yang dapat menghasilkan kebudayaan, dan sebaliknya tidak ada kebudayaan tanpa adanya manusia

Sebagaimana di ketahui bahwa kebudayaan adalah hasil cipta,karsa,dari manusia. Oleh karenanya,kebudayaan akan mengalami perkembangan sejalan dengan perkembangan manusia. Kebudayaan yang dimiliki oleh suatu kelompok sosial tidak terhindar dari pengaruh kebudayaan kelompok –kelompok lain dengan adanya hubungan antar kelompok/defusinya.
Oleh karena itu,hal terpenting yang bisa dilakukan dalam proses pengembangan kebudayaan adalah dengan adanya control/kendali terhadap perilaku reguler(yang tampak)yang di tampilkan oleh para penganut kebudayaan.

B.      Saran
Kita harus membuka diri terhadap perkembangan kebudayaan selagi itu berpengaruh positif terhadap kebudayaan yang kita miliki.




DAFTAR PUSTAKA

Rusmin Tumanggor, Dkk, (2010),Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Jakarta: Kencana
Elly M. Setiadi, Dkk, (2007), Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Jakarta: Kencana
Herimanto, Winarno, (2013),Ilmu Sosial & Budaya Dasar, Jakarta: Bumi Aksa
[1] Herimanto, Winarno, Ilmu Sosial & Budaya Dasar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013), hlm.
18-20
[2] Elly M. Setiadi, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, (Jakarta: Kencana, 2007), Ed.2. Cet.2, hlm. 38
[3] Herimanto, Winarno, Ilmu Sosial & Budaya Dasar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013), hlm.
22-23
[4] Ibid, hlm. 24
[5] Ibid, hlm.25-30
[6] Ibid, hlm.30-31
[7] Rusmin Tumanggor, Dkk, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, (Jakarta: Kencana, 2010), hlm.40
[8] Herimanto, Winarno, Ilmu Sosial & Budaya Dasar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013), hlm. 32
[9] Ibid, hlm.33
[10] Ibid, hlm.33-34
[11] Elly M. Setiadi, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, (Jakarta: Kencana, 2007), Ed.2. Cet.2, hlm.
42
[12] Ibid, hlm.43



*Sumber:
  • https://www.academia.edu/38900013/MAKALAH_MANUSIA_SEBAGAI_MAKHLUK_BUDAYA_APRESIASI_TERHADAP_KEMANUSIAAN_DAN_KEBUDAYAAN
  • http://maysjida-nurdin.blogspot.com/2012/03/apresiasi-kemanusiaan-dan-kebudayaan.html 

Tag : Lainnya
0 Komentar untuk "Manusia Sebagai Makhluk Budaya Apresiasi Terhadap Kemanusiaan dan Kebudayaan"

Back To Top