Manajemen Usaha Kecil

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Hampir setiap hari seseorang mengeluarkan uang.Melakukan transaksi jual beli,pembelian bahan pangan setiap hari,dan kebutuhan lain bahkan yang tidak penting.Kepala keluarga memiliki perang penting untuk mencari uang untuk kebutuhan keluarga dan Usaha kecil menjadi solusi untuk membantu orang dalam menghasilkan uang.

B. Rumusan Masalah
1. Apa itu Usaha Kecil?
2. Permasalahan yang dihadapi Usaha Kecil?
3. Karakteristik UKM di Indonesia?

C. Tujuan Masalah
Agar Mengetahui pengertian usaha kecildan kondisi UKM di indonesia serta permasalahan apa yang dihadapi.



BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Usaha Kecil
Usaha kecil merupakan  usaha yang mengarah ke usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp.200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha,usaha yang berdiri sendiri.Menurut keputusan presiden RI no.9 tahun 1998 pengertian usaha kecil adalah:Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.

Adapun Kriteria usaha kecil menurut UU no.9 tahun 1995 adalah sebagai berikut:
1.Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp.200.000.000(dua ratus juta rupiah)tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
2.Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak satu milyar.
3.Milik warga negara indonesia. 4.Berdiri sendiri,bukan merupakan anak perusahaan.

B. Permasalahan yang dihadapi  Usaha kecil yaitu
1. Faktor internal
kurangnya permodalan dan terbatasnya akses pembiayaan maksudnya permodalan merupakan faktor utama yang diperlukan untuk mengembangkan suatu usaha.karena pada umumnya usaha kecil adalah usaha perorangan yang sifatnya tertutup dan mengandalkan modal dari si pemilik yang jumlahnya sangat terbatas.Dan akses pembiayaan biasanya kesulitan dalam hal akses terhadap sumber pembiayaan. Selama ini familiar dengan mereka adalah mekanisme pembiayaan yang disediakan oleh bank yang memiliki persyaratan dan akses pembiayaan seperti investasi belum memiliki akses.
Kualitas SDM (sumber daya manusia) maksudnya yaitu sebagian usaha kecil tumbuh secara tradisional dan merupakan usaha turun temurun.Keterbatasan kualitas SDM usaha kecil baik dari segi formal maupun pengetahuan dan keterampilan sangat berpengaruh terhadap manajemen pengelolaan usahanya.

Manajemen Usaha Kecil

2. Faktor Eksternal
Iklim usaha belum sepenuhnya kondusif maksudnya yaitu Kebijaksanaan pemerintah untuk menumbuh kembangkan usaha kecil,meskipun dari tahun ke tahun terus disempurnakan namun dirasakan belum sepenuhnya kondusif dimana hal ini terlihat masih terjadinya persaingan yang kurang sehat antara pengusaha pengusaha kecil dan menengah dengan pengusaha pengusaha besar.
Terbatasnya sarana dan prasarana usaha maksudnya yaitu kurangnya informasi yang berhubungan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,menyebabkan sarana dan prasarana yang mereka miliki juga tidak cepat berkembang dan kurang mendukung kemajuan usahanya sebagaimana yang diharapkan.
Pungutan liar maksudnya yaitu praktek pungutan tidak resmi atau lebih dikenal pungutan liar menjadi salah satu kendala juga bagi usaha kecil karena menambah pengeluaran yang tidak sedikit.

C. karakteristik UKM di Indonesia
Usaha kecil merupakan salah satu solusi dari permasalahan ekonomi di indonesia. Usaha kecil sangat membantu mengurangi pengangguran di indonesia,karena dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan cara membuka usaha.Selain itu juga dapat sebagai penyumbang tenaga kerja sehingga dapat meminimalkan pengangguran di indonesia.Usaha kecil juga menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.



BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan 
Adapun kesimpulannya Usaha kecil kini makin banyak dilingkungan masyarakat.Tiap tahun usaha kecil terus bertambah dan berkembang.Masyarakat diberikan hal kebebasan membuka suatu usaha,akan tetapi setiap usaha pasti akan mengalami kendala atau masalah masalah yang di hadapi. Dan usaha kecil terhadap ekonomi negara benar benar mempunyai efek yang luar biasa karena setiap penduduk yang memperoleh penghasilannya sendiri dari usaha yang telah dijalankannya.Masyarakat juga tidak harus lagi bimbang memikirkan sumber pendapatan untuk keperluan pokok sehari hari dan dampak yang dirasakan masyarakat secara langsung adalah mengetahui bagaimana mengelola pengeluaran dan pemasukan.

B. Saran
Dengan mengenal materi manajemen usaha kecil dapat dipahami secara luas karena materi usaha kecil lebih mengantarkan kita untuk banyak mengetahui cara membangun sebuah usaha.




DAFTAR PUSTAKA

Artikel artikel Usaha kecil, hhtp//dilihatya.com
H. Masngudi, 2000. buku ajar Kewirausahaan. Fakultas Ekonomi Universitas 
Borobudur. Jakarta.
Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Penerbit PT. Raja GrafindoPersada Jakarta.
Mulyadi Nitisusastro. 2009. Kerausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Penerbit 
Alfabeta Bandung 
Martin Perry. 2002. Mengembangkan Usaha Kecil. Penerbit PT. Rajagrafindo 
Persada. Jakarta.
Saban Echar. Manajemen Entreprenershhip. Kiat Sukses Menjadi Wirausaha. 
Penerbit Andi Offset. 2013. Yogyakarta.
Supardi. 1999. Tantangan dan Peluang Bisnis Usaha Kecil dan Menengah. 
Penerbit UII Press Yogyakarta.
Wkipedia, Kamus Bahasa Indonesia.



*Sumber: https://www.academia.edu/44304052/MANAJEMEN_USAHA_KECIL

0 Komentar untuk "Manajemen Usaha Kecil"

Back To Top